PROPOSAL PENELITIAN
Pengabdian
Masyarakat di Bidang Kewirausahaan
Usaha Rental Game
Disusun oleh :
Nama : Laily Cholis Maulida
NIM : 2014-53-065
Kelas : B
PROGRAM STUDI SISTEM
INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA
KUDUS
2014
“Pengabdian Masyarakat di Bidang Kewirausahaan
Usaha Rental Game”
Oleh :
Nama :Laily Cholis Maulida
Nim : 201453065
Progdi : Sistem Informasi
PROPOSAL
Disusun sebagai salah satu syarat untuk
melakukan penelitian :
Dosen Pembimbing, Penulis
Diana Laely Fithri S.KOM M.KOM Laily Cholis Maulida
I.
JUDUL PROPOSAL
Pengabdian
Masyarakat di Bidang Kewirausahaan Usaha Rental Game
II.
LATAR BELAKANG
Dalam zaman
sekarang ini perkembangan gamesangat pesat dan hampir tiap tahun keluar game
baru. Bahkan banyak orang yang mencari game dengan cara cepat dan mudah. Meskipun
banyak yang suka download softwarenya langsung dari internet. Tapi, ada juga
yang mencari penyewaan CD game secara cepat.
Di Pati sendiri hanya
ada beberapa yang membuka usaha rental game. Bahkan usaha game sendiri belum
disadari masyarakat tentang keberadaannya karena bagi peminat game itu sendiri
belum berpikir ada tempat sewa CD game. Meskipun belum disadari masyarakat,sewa
CD game sendiri sudah ada peminatnya bagi yang sudah tahu keberadaannya.
Usaha game ini tidak mengeluarkan
biaya yang sangat mahal karena hanya bermodalkan tempat dan seperangkat
komputer serta jaringan internet. Kemungkinan untuk gulung tikar juga sangat
sedikit karena usaha ini pasti ada peminatnya seperti halnya warnet. Bahkan
usaha rental game ini tidak seperti yang mengeluarkan biaya banyak yang dapat
mengakibatkan kita rugi besar di awal membuka usaha. Usaha ini juga berguna
bagi peminat game, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak
dan tidak bersusah payah mencari game yang dibutuhkan di internet.
III.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka dapat
dirumuskan permasalahan antara lain :
Ø
Apakah masyarakat tidak bosan
dengan game yang mereka miliki dan dimainkan terus menerus?
Ø
Bagaimana mereka mencari game
lain jika ingin mendapatkan lebih banyak game?
Ø
Berapa banyak biaya yang
dikeluarkan bila mencari game sendiri diinternet?
Ø
Apakah tidak lebih cepat menyewa
dari pada menunggu download diinternet?
IV.
TINJAUAN PUSTAKA
Shan Lin, Yu dkk, (2006) dalam
penelitiannya yang berjudul : “Implementasi Rental Game dalam Masyarakat” hasil
penelitiannya menunjukkan bahwaUsaha Rental Game adalah usaha yang menyewakan
game untuk komputer di mainkan secara online atau offline. Dalam kajian ini
persepsi msyarakat dalam program usaha rental game tidaklah hanya dilihat dari
sisi negatifnya saja. Tapi dapat dilihat dari sisi positif yang menguntungkan
banyak pihak.
Ahmadi,Kiki, (2010)dalam
penelitiannya yang berjudul : “Rental Playstation untuk Anak-anak dan Remaja”
hasil penelitiannya menunjukkan bahwaPeluang usaha rental game ini dapat
dijadikan alternatif dalam memulai usaha dirumah sendiri. Apa lagi usaha ini
ditempat yang banyak orang suka dengan game. Meskipun banyak orang yang sudah
punya banyak game, tapi mereka cepat bosan dengan game yang ada. Tapi usaha ini
pasti ada yang masih mendatanginya untuk menyewa CD game. Oleh karena itu
mereka terus saja mencari game yang lebih menantang dan belum pernah dimainkan.
Orang pasti akan bosan dengan game yang terus dimainkan seperti halnya kita
saat makan makanan yang terus kita makan tiap hari. Bila menunya sama terus
pasti orang akan bosan.
V.
TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka bisa diambil
kesimpulan bahwa usaha ini bertujuan untuk :
Ø
Memudahkan masyarakat mencari
game yang diinginkan tanpa perlu bersusah payah mencari diinternet.
Ø
Biaya yang dikeluarkan pengusaha dan
konsumen lebih murah atau tidak mengeluarkan banyak biaya.
Ø
Untuk pengusaha juga bisa
mempelajari game itu sendiri dan membuat sebuah game sendiri untuk dijual,
sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.
VI.
MANFAAT PENELITIAN
Ø
Masyarakat tahu bahwa usaha
kecil-kecilan dengan modal kecil tetapi mempunyai untung yang sangat besar dan
kerugian yang kecil.
Ø
Peminat game PC tahu bahwa dengan
adanya usaha rental game mereka dapat menghemat biaya dan mereka tidak perlu
susah-susah mencari game kesukaannya di internet.
Ø
Memberi pandangan bagi
pengangguran dalam membuka usaha yang tidak bisa di kuasai dan bisa di pelajari
dengan mudah,cepat,hemat dan waktu yang singkat.
VII.
METODE PENELITIAN
Metode
yang digunakan penulis untuk mendeskripsikan fenomena pengabdian
masyarakat di bidang kewirausahaan usaha rental game adalah:
A. Wawancara
Wawancara jenis ini bersifat
terbuka, tidak berstruktur ketat. Tetapi dalam pertanyaan berfokus dan mengarah
pada pendalaman informasi. Dalam hal ini, peniliti bertanya pada responden
bahwa usaha kecil-kecilan mempunyai keuntungan yang besar. Apa lagi tidak ada
pesaing di lingkungan sekitar yang membuat pelanggan beralih kepada usaha lain.
Kelebihan mencari data dengan wawancara dapat
diperoleh keterangan yang tidak dapat dilakukan dengan metode lain. Semakin
bagus pengertian wawancara dan semakin halus perasaan dalam pengamatan, semakin
besar pula kemampuannya untuk memberikan dorongan kepada subjeknya. Lagi pula,
semakin besar kemampuan orang yang diwawancarai untuk menyatakan responsnya,
semakin besar proses intersimulasi itu. Tiap-tiap respons atau tanggapan yang
verbal dan reaksinya dinyatakan dengan kata-kata dapat memberikan banyak
pikiran-pikiran yang baru. Suatu jawaban bukanlah jawaban atas suatu pertanyaan
saja, melainkan merupakan pendorong timbulnya keterangan lain yang penting
mengenai peristiwa atau objek penelitian. Semakin besar bantuan responden dalam
wawancara, maka semakin besar peranannya sebagai informan. Mereka tidak hanya
bisa memberi keterangan tentang sesuatu kepada peneliti, tetapi juga bisa
memberi saran tentang sumber-sumber bukti lain yang mendukung serta menciptakan
akses terhadap sumber yang bersangkutan.
Dengan demikian wawancara mendalam harus
memberikan keleluasaan informan dalam memberikan penjelasan secara aman, tidak
merasa ditekan, maka perlu diciptakan suasana “kekeluargaan”. Kelonggaran ini
akan mengorek kejujuran informasi, terutama yang berhubungan dengan sikap,
pandangan, dan perasaan informan sehingga pencari data tidak merasa asing dan
dicurigai. Oleh karena itu, maka masalah pelaksanaan wawancara perlu dipilih
“waktu yang tepat”, maksudnya para informan diwawancarai pada saat yang tidak
sibuk dan dalam kondisi yang “santai” sehingga keterangan yang diberikan memang
benar-benar adanya. Namun demikian, peneliti perlu berhati-hati dari
ketergantungan yang berlebihan kepada seorang informan, terutama karena
kemungkinan adanya pengaruh hubungan antar pribadi. Suatu cara yang rasional
untuk mengatasi kesalahan ini adalah dengan mengandalkan sumber-sumber bukti
lain untuk mendukung keterangan-keterangan informan tersebut dan menelusuri
bukti yang bertentangan sehati-hati mungkin.
B. Observasi
Observasi dapat dilakukan dengan cara
berpartisipasi terhadap kegiatan dan proses yang terkait dengan program studi.
Observasi akan dilakukan dengan cara formal dan informal, untuk mengamati
penyewa game terus meningkat atau menurun pendatangnya. Karena mereka yang
menentukan maju atau tidaknya usaha rental game ini. Dengan demikian, pengusaha
game ini dapat berfikir kembali dengan perkembangan usaha yang dijalaninya.
Observasi tersebut dapat terbentang mulai dari
kegiatan pengumpulan data yang formal hingga yang tidak formal. Bukti observasi
seringkali bermanfaat untuk memberikan informasi tambahan tentang topik yang
akan diteliti. Observasi dapat menambah dimensi-dimensi baru untuk membuka cabang
usaha yang dikembangkan agar lebih maju.
C.
JADWAL KEGIATAN
PENELITIAN
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
Januari
|
Februari
|
Persiapan/
perencanaan
|
|
|
|
|
|
|
Pengumpulan data
|
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan
Penelitian
|
|
|
|
|
|
|
Penyusunan Laporan
|
|
|
|
|
|
|
D.
SUSUNAN PERSONALIA
Nama Peneliti :
Laily Cholis Maulida
Jenis Kelamin : laki-laki
Program Studi : Sistem Informasi
Fakultas : Teknik
Waktu Penelitian :
6 bulan
E.
PERKIRAAN BIAYA
PENELITIAN
Perkiraan biaya untuk mendanai usaha rental game ini
membutuhkan biaya sebagai berikut :
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Pembelian 1 unit
komputer
|
3.000.000
|
2
|
Langganan
internet speedy /bulan
|
2.500.000
|
3
|
Pembelian CD/DVD
kosong /pack
|
150.000
|
4
|
Meja dan Kursi
|
1.500.000
|
5
|
Penyewaan tempat
|
3.000.000
|
Jumlah
|
10.150.000
|
F.
LAMPIRAN
A.
Daftar Pustaka
B.
Daftar Riwayat
Hidup
Bahwa saya yang bertanda tangan
dibawah ini :
Nama Lengkap : Laily Cholis Maulida
NIM :
2014-53-065
Tempat dan Tanggal Lahir :
Pati, 22 Desember 1995
Alamat :
Desa Sundoluhur RT 12/RW 02 Kayen Pati
Pendidikan :
RA Miftahul Muhtadin (2001)
MI Miftahul
Muhtadin (2007)
MTS Miftahul muhtadin (2010)
SMA Rifaiyah Kayen
Pati (2013)
Universitas Muria Kudus (sekarang)
Status :
Mahasiswa
Hobi :
Olahraga
Telepon :
0857-4022-1833
Kudus,Oktober 2014
Saya yang
bersangkutan,
( Laily Cholis Maulida)
Sistematika Laporan
Adapun
sistematika penulisan proposal ini sebagai berikut:
I.
JUDUL
II.
LATAR
BELAKANG
III.
RUMUSAN
MASALAH
IV.
TINJAUAN
PUSTAKA
V.
TUJUAN
PENELITIAN
VI.
MANFAAT
PENELITIAN
VII.
METODE
PENELITIAN
A.
Wawancara
B.
Observasi
VIII.
JADWAL
KEGIATAN PENELITIAN
IX.
SUSUNAN
PERSONALIA
X.
PERKIRAAN
BIAYA PENELITIAN
XI.
LAMPIRAN
A.
Daftar
Pustaka
B.
Daftar
Riwayat Hidup
Sistematika Laporan